BERBAGI

(Catatan riset pengadaan barang dan jasa konstruksi Jalan di Kabupaten Malang)

Malang Corruption Watch (MCW) melakukan analisis terhadap 10 kontraktor bermasalah di Kabupaten Malang pada 2016. Hal ini dilatar belakangi adanya beberapa kasus korupsi yang terkait pengadaan barang jasa di Kabupaten. Modus korupsi di sektor ini diantaranya, kelebihan pembayaran, kekurangan volume pengerjaan dan ketidaksesuaian ketentuan, fraud pada tahap pelaksanaan lelang, hingga tahap pelaksanaan pekerjaan.

Berdasarkan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ditemukan sejumlah pengadaan yang memiliki permasalahan dalam hal potensi kerugian negara dalam bentuk pengurangan volume dan 10 kontraktor yang paling sering mendapatkan proyek di Kabupaten Malang.

Oleh karena itu, penelitian berikutnya ialah mengkaji potensi kerugian negara, atas trend pengadaan barang dan jasa yang memiliki nilai kontrak besar. Temuan di opentender.net, media review, dan temuan di Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK yang dikorelasikan dengan respon dan penanganan tindak pidana korupsi dari APH dan Stakeholder. Dalam melihat hal tersebut MCW melakukan telaah Kondisi Jalan Rusak di Kabupaten Malang Tahun 2014 – 2017.

Selengkapnya dapat dilihat disini Riset Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.