Beranda Publikasi Catatan Kritis: Revisi Perda RTRW Kota Batu Memicu Kerentanan Ruang Hidup Kota...

Catatan Kritis: Revisi Perda RTRW Kota Batu Memicu Kerentanan Ruang Hidup Kota Batu

87
0
BERBAGI
Sumber gambar: Dokumentasi MCW di Desa Bulukerto

Halo rek!

Permasalahan banjir di Kota Batu beberapa hari yang lalu bukan semata-mata karena masyarakat yang tidak tertib, apalagi takdir tuhan. Ini semua berkat ‘seni merusak’ dari Pemkot Batu bersama oligark-oligarknya. Akibatnya, rumah warga, bengkel, kandang sapi, hingga kendaraan bermotor milik warga rusak. Tercatat sebanyak 35 unit rumah warga rusak dan 33 terendam banjir. Selain itu, tercatat pula 30 kendaraan bermotor milik warga rusak.

Dalam peristiwa ini juga terdapat korban jiwa sebanyak 7 orang. Pada akhirnya, untuk mencegah bertambahnya korban, hampir seluruh warga di lintasan brantas diungsikan.

Dampak dari banjir ini terasa sampai Kota Malang, dimana warga yang tinggal di bantaran sungai brantas juga terkena imbasnya. Sebagian juga akhirnya harus diungsikan.

Ancaman terjadinya bencana seperti ini akan semakin bertambah besar, lebih-lebih Pemkot Batu yang terlihat dari kebijakannya sama sekali tidak pro-rakyat dan alam. Dari catatan Aliansi Selamatkan Malang Raya, ancaman ini berbentuk nyata, terutama melalui Ranperda RTRW yang sebentar lagi akan di sah kan. Dalam Ranperda itu, akan terjadi perombakan ruang besar-besaran dengan mengesampingkan kelestarian alam dan keselamatan warganya.

Jika merefleksikan Perda RTRW sebelumnya, Pemkot Batu saja masih belum bisa tertib, masih banyak bangunan yang berdiri di luar kawasan peruntukannya. Dengan disusunnya Ranperda ini, arah pembangunan Kota Batu akan semakin menjurus ke pembangunan besar-besaran.

Sangat penting bagi kita bersama untuk waspada dan saling bekerja sama. Agar, Kota Batu beserta daerah dibawahnya yang sudah pasti akan ikut terdampak tidak hancur akibat keserakahan segelintir orang.

Catatan Lengkap dari Aliansi Selamatkan Malang Raya dapat diunduh dan dibaca melalui tombol dibawah.

Selamatkan bersama!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.