Beranda Suara Rakyat Rilis Pers Duh, Kasus Korupsi Roadshow Rp 3,7 Miliar Belum Dilimpahkan Kejakasaan

Duh, Kasus Korupsi Roadshow Rp 3,7 Miliar Belum Dilimpahkan Kejakasaan

51
0
BERBAGI
foto diambil dari: www.indonesiakaya.com
foto diambil dari: www.indonesiakaya.com

SURYAMALANG.COM, BATU – Kejaksaan Negeri Batu masih menunggu kesimpulan akhir hasil audit kerugian negara kasus dugaan korupsi kegiatan Roadshow Pemkot Batu.

Pasalnya, kesimpulan akhir hasil audit BPKP Jatim tersebut menjadi dasar dari proses pengungkapan dugaan korupsi kegiatan Roadshow tahun anggaran 2014 di Kota Balikpapan senilai Rp 3,7 miliar.

Kepala Kejari Batu, Sedia Ginting SH mengatakan, baginya hasil audit BPKP tersebut sudah selesai dilakukan. Namun sampai sekarang kesimpulan hasil audit terkait besaran nilai kerugian negara dari kasus tersebut belum diterima.

“Bila hari ini diterima paling tidak besok kasus dugaan korupsi Roadshow itu akan kami limpahkan ke Pengadilan Tipikor,” kata Sedia Ginting.

Untuk jumlah tersangka kasus dugaan korupsi kegiatan Roadshow sendiri, ungkap Sedia Ginting, masih tetap tiga tersangka. Yakni SB, US, dan S terdiri dari satu oknum Pejabat Pemkot Batu dan dua rekanan kegiatan Roadshow.

Dan dari kasus tersebut setidaknya ada sekitar 40 saksi telah diperiksa oleh tim penyidik Kejari Batu.

Mengenai penahanan terhadap para tersangka, menurut Sedia Ginting, hingga sekarang belum dilakukan. Ini dikarenakan para tersangka cukup akomodatif terhadap panggilan untuk diperiksa oleh tim penyidik Kejari Batu.

“Kami akan langsung tahan para tersangka itu bila tidak mau datang diperiksa satu kali saja,” ucap Sedia Ginting.

Memang, diakui Sedia Ginting, adanya hasil audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terhadap APBD Kota Batu dan diketahui ada dana kegiatan Roadshow yang tidak bisa dipertanggung jawabkan semakin menambah keyakinan adanya pelanggaran.

Dan telah diperintahkannya pengembalian dana oleh BPK tidak akan mempengaruhi proses hukum kasus dugaan korupsi Roadshow. Hanya saja, adanya pengembalian dana yang tidak bisa dipertanggung jawabkan tersebut akan dapat menjadi pertimbangan dalam persidangan di Tipikor nantinya.

“Dan pengembalian dana kerugian kasus dugaan korupsi Roadshow oleh para tersangka juga menjadi pertimbangan kami untuk menahan tersangka atau tidak,” tutur Sedia Ginting.

Sumber: www.suryamalang.tribunnews.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.