Beranda Suara Rakyat Rilis Pers KPK BELUM SELESAI MENUNTASKAN KORUPSI DI KOTA BATU

KPK BELUM SELESAI MENUNTASKAN KORUPSI DI KOTA BATU

73
0
BERBAGI

Malang, 8 februari 219. Menyoal vonis Mahkama Agung (MA) terhadap Edy Rumpoko, Mantan walikota Batu yang terbukti telah melakukan tindak pidana Korupsi pada tahun 2017 lalu. Dimana, Mantan walikota Batu Edy Rumpuko divonis dengan sanksi pidana penjara selama 5 tahun dan 6 bulan serta pidana denda sebesar Rp200 juta yang bila tidak dibayar diganti pidana kurungan selama 3 bulan. Selain itu MA juga menambah pidana tambahan berupa berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama 3 tahun sejak Eddy selesai menjalani pidana pokoknya. meskipun demikian ,Malang Corruption Watch (MCW) menilai bahwa, putusan kasasi lebih tinggi dari pada putusan tingkat pertama sehingga Vonis yang dijatuhkan Oleh MA kepada ER masih dalam kategori sedang, atau belum masuk dalam kategori sanksi pidana berat.

selain itu, MCW juga menilai bahwa, dalam fakta Persidangan, baik pada perkara ER maupun ES terdapat sejumlah keterangan saksi yang menerangkan adanya dugaan praktik korupsi yang dilakukan secara massif dan terstruktur oleh sejumlah oknum pejabat daerah bersama ER. Dari suap menyuap hingga, jual beli jabatan dan posisi, fee atas sejumlah pengadaan proyek, dan Bahkan ada inidikasi kuat terkait dugaan aliran dana untuk kepentingan Kampanya DR pada pilkada tahun 2017 lalu, demikian Actor yang turut terlibat dalam persekongkolan jahat itu pun beragam. Tidak hanya dari oknum pejabat daerah, elit birokrasi, elit politik, namun juga elit pengusaha yang diduga sebagai penyokong dana terbesar untuk pembiayaan kampanye DR.

Berangkat dari beberapa catatan diatas maka, MCW mendesak kepada KPK dan aparat Penegak Hukum di daerah untuk:

  1. Mendesak KPK untuk Segera menindaklanjuti sejumlah dugaan korupsi sebagaimana diterangkan dalam fakta persidangan terdakwa ER maupun dalam fakta persidangan terdakwa ES terutama berkaitan dengan sipa saja actor dan sejumlah uang yang diberikan kepada ER dengan tujuan tertentu yang diduga menjadi bagian dari tindak pidana korupsi. Adalah satu kewajiban yang dilakukan sebagai bentuk komitmen pemebrantasan korupsi di daerah serta menjadi bentuk pertanggungjawaban terhadap public khususnya masyarakat kota Batu..
  2. Mendesak Kepada aparat penegak Hukum Daerah, baik kepolisian maupun Kejaksaan untuk lebih serius dan independen dalam melaksanakan tugas penegahakan Hukumnya terutama berkaitan dengan sejumlah kasus dugaan tindak Pida Korupsi di Kota Batu yang telah,sedang dan yang akan dilaporkan oleh Publik.
  3. Mendesak kepada Pemerintah Kota Batu terutama kepada walikota Batu selaku kepala daerah segera melaukan upaya reformasi birokrasi yang mengarah pada pelaksanaan system yang transparan, akuntabel dan antikorupsi.

Atha Nursasi: Badan Pekerja MCW (082335405058)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.