Beranda Suara Rakyat Opini KPK Harus Usut Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan RSUD Kota Malang dari...

KPK Harus Usut Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan RSUD Kota Malang dari Kejari Kota Malang

69
0
BERBAGI

Komisi Pemberantasan Korupsi harus mengambil alih penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan lahan RSUD Kota Malang tahun 2013. Kasus ini ditangani oleh Kejari Kota Malang sejak tahun akhir tahun lalu. Namun, sampai saat ini tidak ada perkembangan signifikan atas pengusutan kasus ini oleh Kejari Kota Malang dan justru terkesan berhenti tanpa penjelasan pada publik.

Sebagaimana diketahui, bahwa Kadinkes Kota Malang, dengan diketahui Sekda Kota Malang, melakukan transaksi jual-beli lahan seluas 4.100 m2 dengan NH. Transaksi ini dilakukan pada bulan Agustus 2013. Transaksi ini janggal karena Dinkes membeli tanah bukan dari pemilik tanah sebelumnya, YC. Dinkes justru membeli lahan dari NH yang telah membeli tanah tersebut dari YC. NH diduga merupakan orang dekat dengan Sekda Kota Malang dan mengetahui bahwa Pemkot Malang akan membeli tanah dengan harga yang sangat tinggi (diatas Rp 800 ribu).

Dinkes kemudian membeli lahan dengan harga sebesar Rp 1.700/ meter persegi. Padahal pada tahun 2011, nilai harga tanah hanya sebesar Rp 800 ribu/meter persegi. Selain itu, harga tanah disekitar lokasi pada tahun 2012 hanya Rp 160/ meter persegi. Jadi, Dinkes Kota Malang diduga telah membeli lahan untuk pembangunan RSUD jauh lebih mahal dari harga yang wajar/NJOP. Akibat pembelian tanah yang jauh diatas harga wajar ini patut diduga telah merugikan negara kurang lebih Rp 3,87 miliar.

Terkait ini dengan hal ini, ICW bersama MCW melaporkan kasus ini ke KPK. Dengan pelaporan ini diharapkan KPK melakukan supervisi dan jika perlu mengambil alih penanganan kasus korupsi RSUD Kota Malang. Hal ini penting, karena Kejari Kota Malang tidak serius menangani kasus ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.