Beranda Suara Rakyat Rilis Pers Kunci Pembuka Dugaan Korupsi Pemkot Batu Ada Di Tangan Kepada Dinas dan...

Kunci Pembuka Dugaan Korupsi Pemkot Batu Ada Di Tangan Kepada Dinas dan Swasta

118
0
BERBAGI

Rilis Resmi MCW ini didasarkan pada Putusan Tindak Pidana Pengadilan Negeri Surabaya (PN TIPIKOR Jawa Timur) Nomor 27/Pid.Sus/TPK/2018/PN.Sby. Sehingga Kami menegaskan tidak ada niatan Kami menyerang pribadi, instansi atau siapapun. Semata menjunjung tinggi kebenaran dalam hal ini apa yang ada di Fakta Persidangan.

Batu, 22 Maret 2021. Bahwa MCW menilai Fakta persidangan yang tersaji dalam kesaksian para saksi  pada saat BAP maupun pada saat saksi dihadirkan dalam persidangan dapat digunakan oleh aparat penegak hukum sebagai alat bukti petunjuk. Hal ini sesuai dengan Pasal 188 ayat (1) dan ayat (2) KUHAP. Ayat (1) “Petunjuk adalah perbuatan, kejadian atau keadaan yang karena persesuaian, baik antara yang satu dengan yang lain, maupun dengan tindak pidana itu sendiri, menandakan bahwa telah terjadi suatu tindak pidana itu sendiri, menandakan bahwa telah terjadi suatu tindak pidana dan siapa pelakunya”. Selanjutnya, ayat (2) berbunyi “Petunjuk sebagaimana dalam ayat (1) hanya diperoleh dari keterangan saksi, surat dan keterangan terdakwa.

Berkaitan dengan Kasus yang sedang didalami oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, yang saat ini sedang melakukan pengembangan perkara dugaan korupsi Pemkot Batu, sangat tepat apabila KPK melakukan pemanggilan kepada beberapa aktor pejabat Pemkot Batu, guna memperjelas aada atau tidaknya dugaan tindak pidana korupsi pada tahun 2011-2017 atas perkembangan perkara yang menjerat Mantan Walikota Batu.

Misalkan pemanggilan Sekretaris daerah Kota Batu tadi siang, MCW menilai bahwa KPK memang harus menggali lebih dalam mengapa terjadi dugaan pemberian uang dari kepala keuangan BPKAD ke kepada seorang Walikota ? Mengapa Kepala Dinas menyetor uang kepada Walikota ? Tentu ini menjadi tanda tanya ? Apakah uang tersebut murni dari pribadi anak buah, dari APBD atau dari pihak lain yang merupakan hasil ijon proyek, pengaturan lelang dll ? Tentu dugaan-dugaan ini menjadi tugas KPK untuk mencari titik terang.

MCW kembali membuka dan mengingatkan apa yang terbongkar di putusan tingkat pertama PN Surabaya, tindak pidana korupsi dengan Nomor 27/Pid.Sus/TPK/2018/PN.Sby. Terdapat temuan fakta persidangan yang MCW menilai ini bisa menjadi petunjuk KPK, yakni kesaksian Nomor Saksi 19. Kristiawan, dalam BAP Nomor 12 a menyatakan bahwa saksi Kristiawan pernah menerima uang titipan dari para kepala dinas tersebut dengan nominal 100 juta rupiah sampai dengan 200 juta rupiah.

CP : Tim Advokasi Malang Corruption Watch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.