Laporan Akhir Tahun MCW 2022

BERBAGI

Pada akhirnya kami menyadari bahwa sejumlah catatan dari kerja-kerja monitoring, advokasi dan pengorganisasian serta agenda pendidikan antikorupsi yang kami lakukan sebagaimana terangkum dalam laporan kali ini, hanyalah sekelumit upaya mendorong perubahan terhadap sistem dan tata kelola pemerintahan daerah di Malang Raya agar lebih baik dan berpihak pada kepentingan rakyat. Meski kami menyadari hal tersebut belum cukup memadai, dan masih terdapat banyak kekurangannya. upaya-upaya di atas juga bukan sebuah prestasi yang mesti dibanggakan, sebaliknya adalah sebuah ikhtiar yang terus diasa dan diperjuangkan secara bertahap, dan kontinyu kedepannya. Oleh karena itu, kritik dan saran dari berbagai pihak terhadap kami menjadi hal penting dan niscaya tatkala cita-cita mendorong pemerintahan yang baik dan bersih dari perilaku korupsi masih terus digaungkan.

Lebih jauh, sekumpulan catatan di atas tidak akan diperoleh tanpa keterlibatan banyak pihak. MCW menyadari bahwa membangun gerakan sosial anti korupsi bukanlah pekerjaan mudah, apalagi mengupayakan pelembagaan gerakan sosial yang menjangkau seluruh lapisan elemen sosial rakyat adalah sebuah tantangan besar bagi MCW hingga kini. Keterlibatan elemen gerakan rakyat, dari mahasiswa, kelompok warga, komunitas, gerakan perempuan hingga elemen pro demokrasi lain yang telah membersamai dalam memperjuangkan kepentingan rakyat, merupakan manifestasi dari keberadaan gerakan sosial di Malang Raya.

Di tengah situasi demokrasi yang kian represif, konsolidasi kekuasaan oligarki semakin kokoh dan ditopang oleh negara melalui sejumlah kebijakan dan regulasinya menjadi fakta bahwa rezim hari ini semakin berwatak otoriter. Oleh karena itu, tugas gerakan sosial kedepan adalah tetap membersamai dalam konsolidasi gerakan rakyat, memulai pengorganisasian secara intensif nan massif menjangkau seluruh lapisan elemen gerakan dari perkotaan hingga ke akar rumput. Merancang strategi taktis secara bersama yang pada akhirnya mendorong aksi-aksi kolektif secara bertahap dan berkelanjutan di masa depan.

Bersama Rakyat Berantas Korupsi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.