Beranda Suara Rakyat Rilis Pers MCW Desak Kejaksaan Periksa Wali Kota Batu Soal Korupsi Rp 3 M

MCW Desak Kejaksaan Periksa Wali Kota Batu Soal Korupsi Rp 3 M

68
0
BERBAGI
foto diambil dari: www.indonesiakaya.com
foto diambil dari: www.indonesiakaya.com

SURYAMALANG.COM, BATU – Banyaknya kejanggalan yang dirasakan dalam kasus dugaan korupsi roadshow membuat Malang Coruption Watch (MCW) gerah.

Mereka mendesak Kejaksaan Negeri Batu memeriksa Wali KotaBatu, Eddy Rumpoko untuk memberikan keterangan dan penjelasan terkait kasus tersebut.

Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan MCW, Akmal Adicahya mengatakan, keterangan dari Wali Kota Batu atas pengeluaran Perwali nomor 180/325/KEP/422.012/2014 tentang penyelenggaraan kegiatan promosi dan kerja sama investasi sangat penting.

Dimana dalam Perwali itu memutuskan penunjukkan PHRI KotaBatu sebagai pelaksana dan penanggung jawab. Hal itu jelas melanggar aturan yang ada karena dana anggaran kegiatan mencapai lebih dari Rp 3 miliar harus dilakukan lelang kegiatan.

“Kejanggalannya ternyata Wali Kota tidak dipanggil sebagai saksi oleh Kejaksaan dalam kasus ini, kami nilai aneh. Padahal penentu kebijakan hingga terjadinya dugaan korupsi dari Perwali itu,” kata Akmal Adicahya, Selasa (22/9/2015).

Untuk itu, dikatakan Akmal, sebetulnya tidak ada alasan lagi bagi Kejaksaan untuk tidak memanggil Wali Kota Batu untuk memberi keterangan.

Artinya, Kejaksaan tidak perlu sungkan dan ragu untuk memeriksa Wali Kota Batu. Karena bagaimanapun, peran dari Wali Kota Batu dalam kasus dugaan korupsi roadshow itu dirasakan cukup besar.

Disamping itu, ungkap Akmal, Kejari juga harus menambah melengkapi keterangan saksi dari kalangan DPRD Kota Batu. Ini dikarenakan sedikit banyak anggota DPRD Kota Batu pasti mengetahui dan menyetujui pengusulan alokasi anggaran kegiatan roadshow.

Dan mereka mengapa diam ketika dalam pelaksanaan ada pelanggaran aturan, yakni pelaksana kegiatan tidak di lelang meski alokasi anggaran lebih dari Rp 3 miliar.

“Untuk itu, kami mendesak Kejari lebih serius dalam mengusut kasus dugaan korupsi kegiatan roadshow. Siapapun yang terlibat tanpa pandang bulu harus diproses sesuai hukum yang ada,” tandas Akmal.

Sementara sebelumnya Kepala Kejaksaan Negeri Batu, Sedya Ginting SH mengatakan, pihaknya tidak bisa mengkait-kaitkan Wali Kota Batu dalam kasus dugaan korupsi roadshow.

Ini dikarenakan Wali Kota Batu sudah menjalankan prosedur sesuai aturan yang ada. Apalagi dugaan korupsi roadshow itu terjadi dalam pelaksanaan teknisnya, bukan proses pencairan dana anggaranya.

“Makanya, sementara ini tidak ada rencana meminta keterangan Wali Kota Batu terkait kasus dugaan korupsi roadshow,” tutur Sedya Ginting beberapa waktu lalu.

sumber: www.suryamalang.tribunnews.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.