Beranda Publikasi MCW MENDORONG DPRD MENYELESAIKAN PERSOALAN PENGADAAN BARANG DAN JASA DI KABUPATEN MALANG

MCW MENDORONG DPRD MENYELESAIKAN PERSOALAN PENGADAAN BARANG DAN JASA DI KABUPATEN MALANG

28
0
BERBAGI

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang selanjutnya disebut Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) adalah kegiatan Pengadaan Barang/Jasa oleh Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah yang dibiayai oleh APBN/APBD yang prosesnya sejak identifikasi kebutuhan, sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Dari situ dapat kita pahami bahwa PBJ tidak hanya berkaitan dengan kerja eksekutif, namun juga legislatif.

Sayangnya persoalan di sektor pengadaan barang dan jasa selalu mempunyai masalah baik dari perencanaan, pelaksanaan maupun pertanggung jawaban. Seperti di lingkup pemeritahan Kota Malang dan Kota Batu beberapa waktu lalu, dimana mantan walikota batu ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap pengadaan meubelair. sedangkan mantan walikota malang dan beberapa anggota DPRD lainnya juga menjadi tersangka dalam kasus korupsi P-APBD.

Dua kasus di daerah tersebut tidak mencerminkan di lingkungan pemerintah Kabupaten Malang tidak ada masalah. Menurut pengamatan MCW, sedikitnya ada dua permasalahan “klasik” yang belum tersentuh. Pertama Pengadaan Jalan dan Jembatan, dan yang kedua Pengadaan Pasar Tradisional, salah satunya Pembangunan Pasar Sumedang.

Selengkapnya, hasil analisis persoala pengadaan barang dan jasa di Kab. Malang dapat di Download disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here