Beranda Informasi Melawan dengan Menanam: Awal Perjuangan Menyelamatkan Lingkungan Kota Batu

Melawan dengan Menanam: Awal Perjuangan Menyelamatkan Lingkungan Kota Batu

46
0
BERBAGI
Sumber foto: Dokumentasi Aliansi Selamatkan Malang Raya

Minggu, 21 November 2021 dalam rangka memperingati hari pohon sedunia, Aliansi Selamatkan Malang Raya yang didalamnya ada WALHI Jawa Timur beserta organisasi anggota yakni KIH 12 Reg Malang dan SPD, jaringan muda alumni Sekolah Ekologi WALHI Jatim yang tergabung dalam Sindikat Aksata, serta Malang Corruption Watch, GEBRAK (Gerakan Bersama Masyarakat Kasinan), Nawakalam, Bulukerto bersama kaum muda dari UIN Malang dan Universitas Brawijaya dengan didukung oleh Intrans Publishing, Komunitas Kalimetro, Terakota.id dan lain-lain. Menggelar aksi tanam pohon dan diskusi di Sumber Kasinan.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang, dengan jumlah bibit kurang lebih 400 pohon yang dikumpulkan secara swadaya. Pohon yang ditanam mayoritas tanaman buah, seperti alpukat, nangka, dondong, durian dan beberapa berupa tanaman keras. Tujuan dari aksi ini sendiri, selain untuk memperingati hari pohon sebagai respons atas kondisi lingkungan yang semakin kritis, serta sebagai bentuk langkah kecil melawan perubahan iklim, lebih khusus lagi sebagai bentuk upaya merevitalisasi Sumber Kasinan.

Perlu diketahui bencana tempo hari di Kota Batu menjadi pelajaran bagi masyarakat, terutama untuk meningkatkan kepedulian mereka terhadap kawasan hutan, apalagi Kota Batu merupakan wilayah hulu yang rentan bencana, seperti banjir bandang dan longsor, seperti yang terjadi tempo hari di wilayah Kecamatan Bumiaji, tepatnya Desa Bulukerto dan sekitarnya.

Berikut adalah dokumentasinya

Sumber Kasinan, Pesanggrahan (Lokasi Aksi)
Anak-anak yang sedang mandi di Sumber Mata Air
Acara Penanaman Pohon I
Acara Penanaman Pohon II
Acara Penanaman Pohon III
Acara Penanaman Pohon IV
Diskusi Bersama Aliansi, Warga, dan Mahasiswa Setalah Menanam Pohon I
Diskusi Bersama Aliansi, Warga, dan Mahasiswa Setelah Menanam Pohon II
Foto Bersama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.