Beranda Suara Rakyat Rilis Pers Penyataan Sikap Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Dalam Menyikapi Permasalahan di SMAN...

Penyataan Sikap Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Dalam Menyikapi Permasalahan di SMAN 2 Malang

32
0
BERBAGI

Malang, 7 April 2018. Dunia pendidikan merupakan awal utama dalam pembentukan karakter siswa, metode penanaman karakter diawali dari pendidik yang berkualitas. Fenomena yang beberapa hari terjadi di SMA Negeri 2 Malang adalah bentuk protes siswa kepada tenaga pendidik yang kurang mengayomi terhadap siswa dengan menujukkan sikap arogansinya. Sehingga para siswa melakukan demo besar-besaran meminta kepala sekolah untuk purna dari jabatannya. Tindakan yang dilakukan ialah akumulasi dari setiap permasalahan yang tidak dapat diselesaikan dengan baik di internal sekolah sendiri.

Permasalahan yang kerap muncul didalam satuan pendidikan, seyogyanya dapat dikelola dan dimanajemen oleh internal sekolah dan komite sekolah. Pada posisi seperti inilah peran dan fungsi komite sekolah sangat dibutuhkan. Beberapa hal terkait fungsi komite sekolah antara lain: melakukan pengawasan pelayanan pendidikan dan menindaklanjuti keluhan, kritik, dan aspirasi masyarakat atas kinerja sekolah. Forum masyarakat peduli pendidikan (FMPP) Malang menilai bahwa, proses yang terjadi di SMA Negeri 2 Malang menujukkan bahwa fungsi komite sekolah tersebut tidak berjalan. Dikarenakan komite tidak berjalan, maka tidak ada kritik serta saran yang harusnya dapat dikelola serta ditindaklanjut oleh pengurus komite sekolah. Jika fungsi komite sekolah tersebut berjalan sesuai regulasi Permendikbud No 75 tahun 2016, maka permasalahan arogansansi kepala sekolah yang dinilai oleh para siswa dapat diredam serta diselesaikan dengan mekanisme internal yang sudah ada.

Selain itu, peran dan fungsi dari dinas pendidikan Jawa Timur dinilai dapat dikatakan kurang maksimal dalam memantau perkembangan pelayanan pendidikan di setiap sekolah. Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomer 81 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas, dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pasal 4 ayat (2)a disebutkan salah satu fungsinya adalah melakukan evaluasi dan pelaporan di bidang pendidikan. Idealnya ketika bentuk evaluasi tersebut dilakukan secara komprehensif, tentu ada beberapa tindakan pencegahan yang harus segera diambil oleh dinas pendidikan Jawa Timur. Namun, nampaknya evaluasi yang dilakukan oleh dinas pendidikan Jatim tidak berjalan secara baik.

Hak pelayanan pendidikan yang harus diterima oleh setiap warga negara secara adil adalah kunci utama terciptanya mutu pelayanan pendidikan yang baik. Dalam menilai permasalahan di SMA Negeri 2 Malang, Forum masyarakat peduli pendidikan (FMPP) menyampaikan pernyataan sikap dan tuntutan kepada stakeholder terkait:

  1. FMPP mengapresiasi penuh tindakan yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 2 Malang, sebagai bentuk penyampaian aspirasi dan telah menjalankan proses demokrasi di lingkup pendidikan.
  2. FMPP mendesak Dinas Pendidikan Provisi Jawa Timur untuk mampu melakukan kontrol dan evaluasi kepada setiap satuan pendidikan di Kota Malang secara maksimal.
  3. FMPP mendorong Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk melakukan revitalisasi komite sekolah sesuai dengan regulasi yang ada, yaitu Permendikbud No 75 tahun 2016.
  4. FMPP beserta masyarakat Kota Malang akan terus berkomitmen dalam pengawalan permasalahan pelayanan pendidikan.

 

Contact person: 0838 3456 1819 (Sueffendi-Forum masyarakat peduli pendidikan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here