Beranda Suara Rakyat Opini Pilkada Serentak Untuk Siapa

Pilkada Serentak Untuk Siapa

95
0
BERBAGI
Pemilu bersih. Sumber foto www.republika.co.id
Pemilu bersih. Sumber foto www.republika.co.id

Malang Corruption Watch (MCW) menggelar focus group discussion (FGD) para akademisi dan praktisi dengan tema “Pilkada untuk Siapa?” di Universitas Islam Raden Rahmat. Seain dihadiri oleh beberapa akademisi dan praktisi, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari elemen organisasi kemasyarakatan, seperti Ansor, IPNU dan IPPNU, Muhammadiyah, beberapa warga dampingan MCW di Kabupaten Malang, perwakilan dari buruh, serta beberapa pimpinan redaksi dari media di Malang. Acara ini dimaksudkan untuk melakukan evaluasi kritis terhadap kondisi politik di Malang Raya dan Jawa Timur menjelang Pemilihan Kepala Daerah dan mendorong publik untuk bersama-sama mengawal dan mengawasi proses demokrasi dalam agenda pemilihan kepala daerah.

Melalui acara ini pula, MCW ingin menekankan  kepada publik bahwasanya Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang, bukan hanya sekedar agenda politik yang akan menentukan keberlangsungan pemerintahan daerah, melainkan juga ruang politik bagi publik untuk bersikap kritis dan mengambil tindakan progresif di tengah-tengah kontestasi politik para pemangku kekuasaan. Oleh karena itu, melalui forum ini pula MCW bermaksud untuk mengajak publik untuk mengevaluasi kembali problematika-problematika yang muncul dalam Pileg dan Pilpres 2014 yang lalu. Problematika-problematika tersebut di antaranya yakni, lemahnya kinerja penyelenggara dan pengawas pemilu, mobilisasi masa dan penyalahgunaan wewenang oleh pihak-pihak yang memiliki akses pada kekuasaan, pendanaan biaya politik yang tidak jelas, serta pragmatisme partai politik.

 

Dalam Pilkada serentak mendatang, MCW akan melakukan advokasi secara akif, langsung, dan fokus di Kabupaten Malang. Selai itu, di daerah-daerah lain di Jawa Timur, MCW akan melakukan pemantauan secara tidak langsung melalui jaringan gerakan sosial anti korupsi Jawa Timur. Adapun advokasi yang akan dilakukan MCW pada Pilkada serentak mendatang akan lebih ditekankan pada penguatan posisi politik masyarakat dan pengawalan kinerja penyelenggara dan pengawas pemilu. Langkah ini diambil agar advokasi yang akan dilakukan MCW besifat netral dan tidak memihak dan tidak pula menguntungkan calon-calon tertentu.

 

Divisi Monitoring Korupsi Politik MCW

Nabilla Rahmah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.