Sekolah Anggaran Publik: SuaRakjat

BERBAGI

Guyonan populer “Negara hadir saat rakyat membayar pajak” merupakan ungkapan perasaan yang muncul sebagai gambaran nyata di tengah masyarakat. Pemerintah begitu giat berkampanye di berbagai media agar masyarakat taat membayar pajak.

Sebenarnya dalam konteks bernegara, pemerintah giat memungut pajak, itu wajar saja, memang itu hak negara. Masalahnya dalam melaksanakan kewajibannya seperti memberikan pelayanan publik, negara tidak terlalu bergairah seperti halnya kala menagih pajak, bahkan terkadang absen.

Kondisi ini menimbulkan pertanyaan di benak masyarakat, sebenarnya dari siapa, oleh siapa, dan untuk apa sih uang-uang yang terkumpul dari pajak rakyat itu?

Untuk memberikan pemahaman terkait itu semua, serta sebagai upaya penguatan masyarakat sipil dalam mengontrol pemerintahan, Malang Corruption Watch menginisiasi adanya kelompok belajar bersama warga masyarakat di Malang Raya.

Kelompok belajar anggaran publik, atau bisa kita sebut dengan sekolah anggaran publik, mengangkat tema “Sinau Uang Rakyat (SuaRakjat)”. Menyasar masyarakat yang memiliki kepedulian dan kemauan belajar anggaran publik untuk mendorong perubahan sosial.

Bersama Rakyat Berantas Korupsi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.