Semangat Baik Untuk Pemuda dan Pemudi Yang Baik

BERBAGI

Selasa, 5 April 2022 sekitar pukul 20.00 kami berkunjung ke salah satu rumah aktor warga. Bu Nurul namanya. Ia merupakan sekretaris RW 09 Kelurahan Kotalama. Malam itu, ia mengajak anak-anak muda di RW nya untuk membentuk organisasi Karang Taruna RW.

Berdasarkan pengakuannya, sebenarnya banyak anak muda di RW nya yang memiliki potensi tinggi, dalam berbagai hal. Hanya saja, selama ini belum ada wadah yang bisa menampung kreatifitas mereka.

Selama ini, katanya, semangat muda yang mereka miliki tidak bisa disalurkan melalui aktivitas yang tepat. Situasi sebagai pengangguran banyak berperan mengarahkan semangat mereka ke tempat yang tidak seharusnya. Alhasil, semangat muda dan kreatifitas yang mereka miliki justru tidak dapat dimanfaatkan dengan baik.

Bu Nurul, beserta seluruh RT dan RW, juga para orang tua, akhirnya bersepakat bahwa perlu dibentuknya semacam wadah bagi para pemuda, sebagai kanvas yang dapat mereka gunakan dengan sebaik-baiknya dan bisa bermanfaat bagi warga sekitar.

Malam itu, kami ikut menemani Bu Nurul untuk membimbing anak-anak muda ini. Kami semua berkumpul di Balai RW 09. Bu Nurul berbicara banyak. Seolah ingin memancing kreatifitas yang selama ini terpendam, ia berusaha memberikan ide-ide terkait apa saja yang bisa dilakukan. Ia juga menyatakan bahwa seluruh orang tua mereka, sangat mendukung dan akan terus mendukung kegiatan ini.

Diantara ide-ide yang dilontarkan oleh Bu Nurul, memang tampak wajah kebingungan diantara anak-anak muda ini. Wajar, selama ini mereka belum banyak yang saling mengenal, mungkin masih canggung. Toh ini juga baru pertemuan kedua mereka. Tetapi dibalik itu, juga tampak semangat yang meledak-ledak, tapi tertahan rasa sungkan.

Meskipun begitu, kami tahu betul bahwa semangat yang baik akan selalu membawa hal yang baik. Semangat yang tertahan ini, cepat atau lambat, akan bisa mereka salurkan dengan baik.

Kami juga diberikan kesempatan untuk sedikit saja memberikan pengantar, untuk memperjelas tujuan mereka, berbagi pengalaman dalam pengelolaan organisasi, bagaimana menciptakan organisasi yang baik dah sehat.

Kami berharap, anak-anak muda ini bisa menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik.

Bersama Rakyat Berantas Korupsi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.