Beranda Suara Rakyat Rilis Pers Surat Permohonan Informasi Terbuka Tentang Penggunaan Sisa Kuota Jalur Mutasi PPDB...

Surat Permohonan Informasi Terbuka Tentang Penggunaan Sisa Kuota Jalur Mutasi PPDB Kota Malang

108
0
BERBAGI

Kami akan menceritakan secara singkat bagaimana hukum bukan untuk keadilan. Ini hanya satu contoh, MCW yakin diluar sana banyak warga Kota Malang yang mengalaminya. Selasa, 15 juni 2020, Ada seorang ibu bersama dengan anak laki-lakinya datang SMPN 2 Malang. Ia adalah warga Muharto Kotalama, Kedung Kandang, yang secara geografis jauh dari SMPN Negeri. Karena menyadari bahwa tak mungkin diterima untuk jalur zonasi, apalagi kuota PPDB jalur zonasi untuk tahun ini hanya tersedia 50% saja. Maksud kedatangannya ingin menanyakan sisa kuota mutasi orang tua sebagaimana diatur dalam Surat Edaran PPBD Kota Malang tahun 2020/2021. Sementara untuk daya tampung jalur mutasi orang tua pada SMP 2 Kota Malang sebanyak 15 orang, dan telah digunakan sebanyak 2 orang. Artinya masih ada sisa kuota sebanyak 13 siswa.

Sayangnya, keberanian dan kesungguhan hati seorang ibu memperjuangkan hak kesetaraan pendidikan untuk anaknya, justru direspon normatif dan mengecewakan. Kepala sekolah SMPN 2 Kota Malang menjawab bahwa sisa kuota mutasi orang tua tersebut digunakan untuk anak guru. Hal ini didasarkan pada pasal 19 ayat (2) Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentang PPDB yang berbunyi “Kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali dapat digunakan untuk anak guru”.

Tentunya, sebagai seorang penyelenggara layanan, pernyataan kepala sekolah di atas bukanlah sebuah jawaban yang tepat. Sebab, Seorang anak yang oleh negara dijamin pendidikannya, lebih-lebih ketika anak tersebut memiliki kartu Indonesia Pintar (KIP) selayaknya mendapatkan prioritas untuk diterima daripada untuk untuk anak seorang guru. tentu Hal ini dapat dilihat kemampuan ekonominya. Kemudian, apakah kuota sisa sebanyak 13 ini sudah pasti digunakan untuk anak guru? belum tentu ! Bisa jadi malah sebaliknya, digunakan untk kepentingan lain. Apalagi sisa kuota jalur mutasi orang tua/wali untuk tahun 2020/2021 ini, terbilang banyak, berikut datanya:

No NAMA SMP Sisa Daya Tampung
1 SMPN 2 13
2 SMPN 6 3
3 SMPN 9 10
4 SMPN 10 12
5 SMPN 11 7
6 SMPN 15 13
7 SMPN 18 3
8 SMPN 20 1
9 SMPN 24 1
          Total 63 siswa

 Sumber : Pengumuman PPDB Kota Malang tahun 2020 diolah MCW

Pertanyaannya, apakah sisa daya tampung mutasi sebanyak  63 siswa tersebut apakah akan digunakan semua untuk anak guru? Jika iya, siapa saja guru yang dimaksud dan tersebar di sekolah mana saja? Bagaimana jika jumlah kuota sisa tersebut tidak digunkan secara keseluruhan oleh guru bersangkutan? bisa jadi sisanya digunakan untuk kepentingan pragmatis yang menguntungkan penyelenggara layanan pada satu sisi dan merugikan rakyat pada sisi lain. karena hal tersebut rentan terjadinya jual beli kursi sekolah, dan pastinya mempersempit kesempatan bagi mereka yang membutuhkan pendidikan di sekolah negeri namun tersandera oleh praktik fraud para penyelenggara. Dinas Pendidikan dalam hal ini sebagai institusi yang bertanggungjawab atas hal ini harus mempublikasikan penggunaan sisa kuota jalur mutasi yang tidak digunakan tersebut. Oleh karena itu, melalui surat permohonan informasi secara terbuka ini, MCW mengajukan permohonan informasi tentang penggunaan sisa kuota jalur mutasi PPDB Kota Malang tahun ajaran 2020/2021, dan mendesak Dinas Pendidikan Kota Malang segera mempublikasikan data informasi sebagaimana dimohonkan secara terbuka kepada masyarakat Malang Raya.

Surat Permohonan Informasi Tentang Alokasi sisa kuota
Jalur Mutasi PPDB Kota Malang

Narahubung : Hanif Abdul, Badan Pekerja , Kepala Divisi Advokasi MCW, 085732700001

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.